Daftar Kampiun Liga Liga Elit Eropa

Daftar Kampiun Liga Liga Elit Eropa – Beberapa liga besar Eropa telah menyelesaikan musimnya diakhir bulan Juli ini. Dari lima liga besar di eropa terdapat empat liga besar yang tetap melanjutkan kompetisi di musim 2019/2020 ditengah pandemi corona yang belum usai ini yakni Liga Inggris, Liga Spanyol, Liga Italia dan Liga Jerman. Liga Jerman telah menemukan kampiun juaranya yakni Bayern Munchen. Dominasi Bayern Munchen di Bundes Liga terhadap klub-klub lainnya sangatlah luarbiasa.

Daftar Kampiun Liga Liga Elit Eropa

Daftar Kampiun Liga Liga Elit Eropa

Musim ini, Bayern Munchen telah menyegel trofi ke-30 mereka sebagai kampiun Liga Jerman. Belum ada klub lain yang bisa mengakhiri atau sekedar memutus dominasi Bayern Munich sejauh ini. Liga Jerman sendiri, telah mengakhiri musimnya ditahun ini yakni di bulan Juni yang lalu dengan hasil klasmen akhir empat besar yakni Munchen, Dortmund, Leipzig, dan Monchengladbach. Sementara itu, Liga Spanyol atau La Liga telah menyelesaikan kompetisi musim ini dengan 38 pertandingan. Real Madrid keluar sebagai juara dengan membukukan 87 point, disusul Barcelana diposisi runner up dengan koleksi 82 point.

Barcelona yang sempat memimpin klasmen hingga pertengahan musim, harus tergeser tahtanya hingga akhir klasmen karena inkonsistensi performa yang sempat mereka tunjukkan dibeberapa pertandingan terakhir dengan menelan kekalahan yang tak terduga. Kini, asa juara bagi Barcelona hanya tersisa di Liga Champion, setelah di Coppa Del Rey mereka juga kalah pada babak perempat final oleh Athletic Bilbao. Klasmen akhir empat besar di La Liga sendiri dihuni oleh Real Madrid, Bracelona, Athletico Madrid, dan Sevilla.

Liga Inggris sendiri di musim ini sepenuhnya menjadi milik Liverpool. Dominasi Liverpool di musim ini atas tim papan atas lainnya di Liga Inggris sangatlah perkasa. Bagaimana tidak, dipekan 37 liga Inggris, Liverpool sudah berhasil membukukan 96 poin dan unggul jauh dari para klub lainnya. Pesaing terdekatnya, Manchester City tertinggal jauh dari pengumpulan angka dan hanya mengkoleksi 78 poin dari total 37 laga. Sementara itu, persaingan sengit terjadi pada perebutan posisi empat besar yang mana beberapa klub papan atas seperti Chelsea, Leicester City, dan Manchester United tengah memperebutkan 2 tiket yang tersisa untuk slot Liga Champions di musim depan.

Manchester United dan Chelsea yang masing-masing berada di posisi ketiga dan keempat pada klasmen pekan ke-37, dengan sama-sama mengkoleksi 63 poin, secara ketat dibayangi oleh Leicester City di posisi kelima dengan total 62 poin. Di Liga Italia sendiri, dominasi penuh terus ditunjukkan oleh Juventus. Di musim ini, Juventus masih sulit tergoyahkan dari tangga juara di papan klasmen. Liga Italia yang hanya menyisakan tiga pertandingan lagi, berkemungkinan besar akan dilewati dengan lancar oleh Juventus. Musim ini, langkah Juventus untuk mengangkat trofi juara Liga Italia sudah semakin dekat.

Akan sangat menarik sekali tentunya untuk melihat bagaimana ending dari persaingan sengit yang terjadi antar klub papan atas diberbagai liga Eropa ini dalam memperebutkankan posisi strategis ditangga klasmen yang tengah dituju. Apalagi musim 2019/2020 akan segera berakhir dan para klub papan atas di Eropa harus segera siap untuk menatap musim 2020/2021 yang jedanya tidak lama dari musim ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *