Messi Cetak Rekor Gelar Pichichi

Messi Cetak Rekor Gelar Pichichi – Lionel Messi gagal membawa Barcelona juara Liga Spanyol musim 2019-2020. Namun, pemain berusia 33 tahun itu membuat pencapaian individu luar biasa. Messi kembali menjadi pencetak gol terbanyak Liga Spanyol. Ini jadi pencapaian ketujuh bagi Messi dan membuatnya memecahkan rekor Telmo Zarra.

Messi Cetak Rekor Gelar Pichichi

Messi Cetak Rekor Gelar Pichichi

Messi memastikan menyabet gelar Pichichi setelah membuat dua gol kala Barcelona mengalahkan Alaves 5-0, Minggu (19/7/2020). Gol Messi dibuat di menit 34 dan 57. Tiga gol lain Barcelona dibuat Ansu Fati menit 24, Luis Suarez menit 54, dan Nelson Semedo menit 75.

Dua gol ke gawang Alaves membuat Messi total mencetak 25 gol di LaLiga musim 2019-2020. Jumlah itu unggul empat gol dari saingan terdekatnya, striker Real Madrid Karim Benzema. Di laga terakhir LaLiga, Benzema tak mampu mencetak gol.

Pencapaian Messi membuatnya total sudah 7 kali menyabet gelar Pichichi atau pencetak gol terbanyak Liga Spanyol. Tujuh gelar itu didapatkan di musim 2009-2010, 2011-2012, 2012-2013, 2016-2017, 2017-2018, 2018-2019, 2019-2020.

Pencapaian itu melewati Telmo Zarra. Legenda Athletic Bilbao itu menyabet trofi Pichichi sebanyak enam kali pada dekade 40-an dan 50-an. Messi pun berkesempatan mempertajam rekornya jika dia masih bermain di Barcelona musim depan.

Selain melewati Zarra, Messi juga menyamai Alfredo Di Stefano dan Hugo Sanchez. Messi dan dua legenda tersebut sama-sama mampu menyabet trofi Pichichi empat musim secara beruntun. Bahkan, Messi juga bisa melewati Di Stefano dan Sanchez jika musim depan juga menyabet trofi Pichichi.

Kini Messi semakin meneguhkan dirinya sebagai raja gol di LaLiga. Total saat ini Messi telah membuat 444 gol di LaLiga. Messi menjadi pemain tersubur dalam sejarah LaLiga. Selain itu juga pencapaian di atas, yakni pemain yang paling banyak mendapatkan gelar Pichichi.

Sepatu Emas Eropa Lepas

Hanya saja, pencapaian Messi di musim ini menurun dibandingkan musim-musim sebelumnya. Sebab, dia hanya membuat 25 gol di LaLiga musim ini. Padahal, biasanya Messi sering membuat lebih dari 30 gol dalam satu musim LaLiga.

Pencapaian yang menurun ini membuat Messi dipastikan tak mendapatkan sepatu emas Eropa. Sepatu emas Eropa adalah penghargaan yang diberikan pada pemain yang bermain di Eropa dan mencetak gol terbanyak di kompetisi domestik.

Musim ini, besar kemungkinan sepatu emas Eropa akan didapatkan Robert Lewandowski. Penyerang Bayern Munchen asal Polandia itu mampu mencetak 34 gol bagi Bayern Munchen di Liga Jerman musim 2019-2020.

Namun, bisa saja gelar pencetak gol terbanyak Eropa mampir ke penyerang Lazio Ciro Immobile atau bintang Juventus Cristiano Ronaldo. Immobile kini sudah membuat 29 gol dan masih menyisakan empat laga. Ronaldo membuat 28 gol dan masih menyisakan empat laga.

Sampai saat ini, Messi adalah pemain paling sering mendapatkan sepatu emas Eropa. Penyerang asal Argentina itu telah mendapatkan enam gelar sepatu emas Eropa. Sementara di posisi kedua adalah Cristiano Ronaldo yang mendapatkan empat gelar sepatu emas Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *